Mengapa Bola Bisa Berbelok

Leave a Comment


Bagi penggila bola, mungkin sudah sangat familiar dengan istilah tendangan pisang. Pemain yg terkenal dengan keahliannya menendang bola hingga melengkung seperti pisang adalah David Beckam, Roberto Carlos dan idola saya Del Piero, itu yang saya sering dengar :)
Tapi bagi pecinta Fisika, akan timbul pertanyaan apa penyebab bola bisa melengkung? Saya akan mencoba memberi sedikit penjelasannya, tentunya penjelasan secara fisika, bukan dari teknik menendang.
Syarat agar bola bisa melengkung adalah bola harus berputar selama bergerak (setelah ditendang). Bagaimana cara menendang bola agar melengkung? Silahkan tanya David Beckam.
Mengapa harus berputar? Gerakan melengkung akan dihasilkan oleh dua gaya (force) atau lebih, sehingga akan dihasilkan resultan gaya yg tidak lurus. Silahkan lihat gambar di bawah.

Jika gerakan bola tidak berputar, maka bola akan bergerak lurus seperti lintasan C. Tapi ketika bola berputar, maka akan ada dua arah gaya mempengaruhi gerakan bola, yaitu gaya searah garis lintasan C dan gaya dari arah titik B. Gaya searah C dihasilkan dari tendangan, tapi gaya di titik B berasal dari mana?

Mungkin kita semua sudah pernah mendengar hukum kekekalan energi, rumus ini sudah disederhanakan oleh Mbah Bernoulli (biasa disebut rumus bernoulli). Penjelasannya: dalam aliran fluida (dalam hal ini angin), ketika ada penurunan kecepatan dalam sebuah aliran, maka akan tejadi peningkatan tekanan, begitu sebaliknya. Pada titik B, arah putaran bola berlawanan dengan arah gerakan angin, sehingga kecepatan angin lebih rendah dari pada di titik A. Sedangkan di titik A, gerakan bola searah dengan gerakan angin sehingga gesekan angin dan bola lebih kecil. Karena kecepatan angin di B lebih kecil dari A, maka tekanan di B lebih tinggi dari A (sesuai dengan rumus Bernoulli). Karena perbedaan tekanan ini, maka ada gaya dari B ke A. Sehingga yang mempengaruhi gerakan bola ada dua gaya (searah C dan searah B), maka dihasilkan gaya resultan yg searah D yg menghasilkan gerakan bola menjadi melengkung seperti pisang.
Bonus untuk yg belum tau bernoulli, tapi silahkan cari sendiri penjelasan detailnya.

Bagi Anda yang menyukai penjelasan-penjelasan fisika tentang kejadian sehari-hari, bisa juga membaca Mengapa air sering terasa lebih dingin
Happy weekend :)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Instagram

Paling Dilihat

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Blogger templates

Follow Me